KUNJUNGI JUGA WEBSITE DINAS KAMI      DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN JEPARA 

 

 
Indonesian Indonesian

BATIK JEPARA

  • Posted on:  Thursday, 29 September 2016 08:45
  • Written by 
Rate this item
(0 votes)

SEKILAS BATIK JEPARA

Di samping seni mengukir kayu yang menjadi icon budaya daerah, seni batik jepara tak kalah masyhur dalam merekam jejak makna ke sejarahan di mata dunia.

Hal yang cukup menonjol adalah ketika Raden Ajeng Kartini mengajarkan pelajaran membatik kepada murid – muridnya, membawa karya batiknya pada pameran untuk karya wanita di DEN HAAG pada tahun 1898, dimana karya – karya batiknya mendapat perhatian besar dari Ibu Suri Kerajaan. Bahkan naskah – naskah batik kartini yang ditulis di Had Schrif Japara menjadi bagian penting dari G.P. Rouffaer pada buku karangannya DE BATIK KUNTS IN NED INDIE EN HARE GESCHEIDENIS.

Kartini belajat membatik dari ibundanya sendiri yaitu R.A. Ngasirah, di samping mbok dullah & mbok kardumah pegawai tetap Pendopo Kabupaten.

Ketika R.M.A.A. Sosroningrat ayahanda kartini wafat, R.M.A.A. Koesoemo Oetoyo ditunjuk oleh pemerintah kolonial untuk menjadi Bupati penggantinya, kemudian sekolah membatik dilanjutkan oleh R.A. Atas Warin yang tidak lain  adalh garwa padmi R.M.A.A. Koesoemo Oetoyo.

Read 2276 times Last modified on Wednesday, 25 August 2021 09:24
More in this category: Pasar Durian - Ngabul »