Wisata Alam Karimunjawa

  • Posted on:  Saturday, 28 January 2017 11:44
  • Written by 
Rate this item
(0 votes)

Taman Nasional Karimunjawa

            Taman Nasional karimunjawa merupakan gugusan kepulauan berjumlah 27 pulau yang terletak di Laut Jawa,mempunyai luas 111.625 Ha.Taman Nasional Karimunjawa ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut melalui SK Menhut No.123/Kpts-II/1986 kemudian pada tahun 1999 melalui keputusan Menhutbun No.78/Kpts-II/1999 Cagar Alam Karimunjawa dan perairan sekitarnya seluas 111.625 Ha di ubah menjadi Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Karimunjawa.Tahun 2001 sebagian luas kawasan TN Karimunjawa seluas 110.117,30 Ha ditetapkan sebagai kawasan Pelestarian Alam Perairan dengan Keputusan Menhut No.74/Kpts-II/2001.

Terumbu Karang & Ekosistem Laut

terumbu 8Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan 27 buah pulau yang memiliki tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Jenis terumbu karang di Taman Nasional Karimunjawa merupakan terumbu karang pantai/tepi (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef) danbeberapa taka (patch reef). Kekayaan jenisnya mencapai 51 genus, lebih dari 90 jenis karang keras dan 242 jenis ikan hias. Dua jenis biota yang dilindungi yaitu akar bahar/karang hitam (Antiphates spp.) dan karang merah (Tubipora musica).

      Biota laut lainya yang dilindungi seoerti kepala kambing (Cassis cornuta), triton terompet (Charonia tritonis), nautilus berongga (Nautilus pompillus), batu laga (Turbo marmoratus), dan6 jenis kiterumbu 1 []mia. Di sekitar Pulau Kemujan terdapat bangkai kapal Panama INDONO yang tenggelam pada tahun 1955, dimana pada saat ini menjadi habitat ikan karang dan cocok untuk lokasi penyelaman (wreck diving). Dari gugusan pulau-pulau yang berjumlah 27 buah, lima buah pulau diantaranya telah berpenghuni yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting. Pulau Karimunjawa menjadi ousat kecamatan yang berjarak + 83 km dari Kota Jepara (pusat pengrajin ukiran kayu yang terkenal di Indonesia).

 

 

Obyek Wisata Karimunjawa

Karimunjawa memang cocok sebagai tempat untuk melepas stress, apalagi bagi anda petualang sejati, karena ditempat ini banyak sekali wisata laut yang sangat menarik untuk dicoba.

Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan di karimunjawa.

Berselayar, Selancar air, dan ski air

Jet Sky 1 []Jet Sky 1 []DSC_2263 [640x480]Pulau yang terdapat di karimunjawa sangat banyak, Anda bisa memilih salah satu pulau untuk melakukan berbagai wisata air.

Kegiatan seperti berlayar, selancar air, dan ski air pas untuk dicoba.Kepuasan yang anda dapatkan tidak kalah menyenangkan dari tempat wisata laut lainnya.

Berjemur di pasir putih

SUNBATHINGJangan buru-buru ke miami untuk berjemur! Cukup ke karimunjawa dan anda bisa menikmati paparan sinar matahari diatas pasir putih sambil mengamati pemandangan memukau pulau ini.

Snorkeling

20141025_105057 [800x600]Bagi anda penikmat alam dibawah laut, maka agenda wajib selanjutnya adalah snorkeling di kawasan Pulau Menjangan Kecil yang terkenal akan terumbu karang berwarna warni dan ikan-ikan cantik yang menghuninya. Selain kawasan tersebut Spot Snorkeling yang sering dikunjungi adalah Pulau Cemara, Pulau Sintok, Pulau Tengah, Pulau Seruni.

Wreck Dive

Diving 3TwodiveBagi anda penggemar diving dan mempunyai jiwa avonturir, disarankan untuk mencoba wisata selam yang satu ini. Berbagai ketegangan akan anda temukan dalam sekejap. Ketika anda mulai menyelam anda bahkan akan disambut oleh bangkai kapal yang telah lama keram dibawah permukaan laut. Diving 3Suasananya terasa sangat sunyi dan misterius , pilar-pilar besi kapal terlihat berkarat sering berjalannya waktu, lalu banyak juga terumbu karang( soft coral) berwarna-warni yang sangat indah berjuang untuk hidup dan tumbuh pada puing-puing kapal.

Penangkaran Hiu

SOLYMPUS DIGITAL CAMERAetelah melewati ketegangan wreck dive di pulau Kemojan, melanjutkan wisata petualangan dengan berlayar ke pulau Menjangan yang menyunguhkan ketegangan lain akan menjadi pengalaman yang tak kalah serunya. Ingin tahu rasanya berhadapan langsung dengan ikan hiu ? hewan laut yang bsatu ini memang menyeramkan tapi kesempatan langka ini pantang dilewatkan.

Pulau menjangan besar mempunyai sebuah penangkaran ikan hiu.DSC_0234 [640x480] Rasanya sangat menarik melihat ikan hiu yang terkenal sangat ganas tersebut berada didepan mata kita. Bahkan tidak hanya melihat, bagi anda yang punya keberanian , cobalah memacu andrenalin dengan bersenang bersama ikan bergigi tajam tersebut. Tetapi jangan khawatir ada pemandu yang akan menemani anda. Untuk beberapa saat anda bisa menjadi sahabat ikan hiu . sangat menarik bukan bercengkrama dengan ikan- ikan predator tersebut.

Keindahan Pantai

         Copy of DSC00047MENJANGAN BESAR 01  Hampir seluruh pantai di kepulauan Karimunjawa berpasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang. Kondisi ini menyebabkan kawasan pantai menjadi kawasan yang cocok untuk melakukan kegiatan berjemur (mandi matahari), bermain pasir, dan menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam atau terbit.

 

 

Wisata Kuliner & Cindera-Mata

IKAN BAKAR (BANDENG) [640x480]Pulau Karimunjawa juga menyediakan makanan-makanan yang pastinya menggoda selera makanan anda. Salah satunya adalah makanan Broyo, Broyo adalah makanan terbuat dari bahan dasar kacang-kacangan. Makanan ini hanya di Karimunjawa dan rasanya pun berbeda dari pada yang lain.Berbagai macam kerajinan yang sebagian besar terbuat dari kayu-kayu langka. Seperti kayu Setigi,kayu Dewadaru, dan kayu Kalimasada merupakan keunikan tersendiri dari kepulauanDSC08790 [640x480] Karimunjawa. Hasil-hasil kerajinan yang lain berupa tongkat, keris, dan tasbih.selain hasil kerajinan, di kepulauan ini juga terdapat barang-barang cindera-mata lainnya berupa hasil industri rumah tangga, seperti kaos, topi, ikan teri, ikan asin, jenang, makanan olahan dari rumput laut, dan minyak kelapa. Barang-barang kerajinan ini dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko penjual barang-barang cindera-mata yang berada di pusat kota Karimunjawa.

Untuk kerajinan kayu, ada beberapa lokasi sebagai pusat kerajinan kayu sebagai tempat pemesanan, yaitu sebagai berikut:

-          Pusat kerajinan Al-Badri, desa Legon Cikmas

-          Labiki, jalan Kapuran, pulau Karimunjawa

Read 405 times

PILIH BAHASA

English French German Indonesian Italian Portuguese Russian Spanish