Budaya Karimunjawa

  • Posted on:  Saturday, 28 January 2017 11:58
  • Written by 
Rate this item
(0 votes)

"Atraksi Wisata Budaya" yaitu : kesenian rakyat (reog barong, pencak silat yang diiringi gamelan), acara tradisional (perkawinan suku bugis, upacara peluncuran perahu, menambak ikan, mengunjungi Makam Sunan Nyamplungan, Makam Sayid Kambang, Makam Sayid Abdullah dan sumur Wali). Sunan Nyamplungan diceritakan sebagai orang pertama yang mendiami Kepulauan Karimunjawa, yang juga murid Sunan Kudus. Rumah adat yaitu hasil budaya manusia yang dinilai cukup menarik untuk dijadikan obyek wisata. Keanekaragaman suku yang ada mampu menarik pengunjung untuk berkunjung ke Karimunjawa.

Reog barongan yang terdapat di Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan dan Pulau Parang. Untuk masa mendatang, kesenian rakyat ini dipertunjukkan pada momentum tertentu saja, seperti misalnya acara khitanan dan Perayaan HUT Proklamasi RI. Di Pulau Parang kesenian ini sudah ada sejak 25 tahun yang lalu, namun saat ini sudah punah karena regenerasi pemain dan kondisi peralatan yang memprihatinkan. Adat perkawinan adat suku Bugis yang dimulai dengan acara Mapuce-mapuce, Massuro, Maddupa, Mappaenre dan pesta Anggaukeng.

" Barikan Kubro ", salah satu sedekah bumi masyarakat karimunjawa. Barikan sendiri merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Karimunjawa secara turun temurun . Barikan ini merupakan wujud syukur masyarakat atas hasil bumi dan laut. tradisi Barikan dilakukan juga untuk menyambut musim baratan. Dengan adanya kegiatan ini , diharapkan masyarakat karimunjawa selalu diberikan keselamatan dan limpahan rejeki ketika musim baratan berlangsung .

Read 382 times

PILIH BAHASA

English French German Indonesian Italian Portuguese Russian Spanish